Budgeting ala Li Ka-Shing

Kali ini kita akan membahas soal pengelolaan keuangan yang benar. Ga sulit tapi ga gampang uang juga. Hebat dalam mencari uang merupakan level pertama tapi level lebih tingginya kalian harus bisa mengelola uang anda. Jangan tunggu punya uang tapi baru mau mengusai ilmu mengelola keuangan, belajarlah mulai dari sekarang. Lebih sulit mana menjadi kaya atau bertahan dengan kekayaan anda seumur hidup.  

Salah satu metode untuk mengelola keuangan adalah dengan meniru metode para milionaire. Kali ini kita akan belajar dari Pak Li Ka-Shing, seorang pengusaha, investor dan filantropi asal Hongkong. Beliau merupakan salah satu dari pengusaha paling berpengaruh di Asia, dan pernah menjadi orang terkaya di Asia, memiliki portofolio bisnis yang beragam dari banyak industri seperti transportasi, real estat, jasa keuangan, ritel dan energi. 

Pak Li Ka-Shing membagi penghasilan bulanan menjadi 5 bagian:

Living Expense

Bagian ini digunakan untuk biaya hidup sehari-hari tapi secara sederhana. Jadi harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dan fokuslah terlebih dalulu ke kebutuhan. Sebisa mungkin hanya gunakan 30% atau maksimal 50% dari penghasilan kalian untuk biaya hidup. Kalo misalnya income kalian 10 juta/bulan, maka maksimal gunakan 5 juta untuk biaya hidup. Ketika income kalian naik misalnya menjadi 20 juta/bulan, pastikan biaya hidup kalian tetap stay di 5 juta rupiah. Jangan income naik, gaya hidup ikut naik. 
Gaya hidup seperti ini mungkin akan terlihat miskin seperti kita tidak punya barang-barang branded, HP murah dan lain-lain, tapi jangan khawatir karena kita punya tujuan yang jelas untuk menjadi seperti apa kedepannya. karena fokus kita untuk jangka panjang bukan jangka pendek semata. Tentu saja kita ingin benar-benar menjadi kaya dan bukannya hanya terlihat kaya. Jadi untuk diawal-awal fokuslah ke kebutuhan dahulu, singkirkan keinginan.

Making friend

Bagian ini digunakan untuk mencari pertemanan yang baru. Kalian dapat mengalokasikan dana untuk making friend sekitar 10% setiap bulannya. Bisa dimulai dengan mentraktir makan siang orang-orang baru. Pastikan kalian mengajak orang-orang yang lebih sukses, lebih kaya, lebih luas wawasannya sehingga akan memberikan impact positif kepada anda. Jaringan pertemanan dengan orang-orang yang lebih banyak wawasan, lebih sukses dll akan sangat berguna untuk membantu kita meraih kesuksesan. 

Education / Knowledge

Bagian ini kalian gunakan untuk menambah pengetahuan dibidang yang sedang kalian geluti atau minati. Hal ini tentu saja akan membuat wawasan kita bertambah dan dapat menambah penghasilan kedepannya. Sebagai contoh gampang lulusan S1 tentu akan memiliki penghasilan yang berbeda dengan lulusan SMA. Atau montir yang hanya bisa memperbaiki motor pasti memiliki penghasilan yg berbeda dengan montir yang bisa memperbaiki segala macam kendaraan. 

Jangan pelit ilmu terhadap diri sendiri, alokasikan sekitar 15% per bulan untuk menambah pengetahuan. Bisa dengan belajar di tempat pendidikan formal seperti kampus ataupun non formal membaca buku, mengikuti seminar/workhop, mengikuti sertifikasi dan lain-lain. Saya percaya kita yang sekarang merupakan hasil dari keputusan yang kita buat dimasa lalu. Dengan menambah pengetahuan tentunya akan membuat keputusan-keputusan yang kita ambil semakin baik untuk segera dapat mencapai target yang diinginkan.

Cara cepat untuk sukses tentu saja dengan mengikuti pola-pola yag telah dilakukan orang sukses dan menghindari kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan. Kita tidak perlu belajar langsung dari mereka, cukup membaca buku atau mencari literaturnya diinternet tokoh-tokoh terkaya didunia atau Indonesia. Ini akan menjadi salah satu investasi terbaik kalian. Selalu fokus untuk belajar dan sisihkan biaya untuk pendidikan dan pengetahuan.

Oversea Holiday

Berlibur juga sangat penting, rencanakan liburan anda paling tidak sekali dalam setahun. Dan kalo bisa liburan keluar negeri, tapi kalo belum bisa liburan keluar daerah anda saja dulu. Liburan akan menghilangkan kepenatan, memberi anda energi baru untuk tumbuh besar dari pengalaman hidup. Selain itu kalian dapat membah relasi di daerah baru tsb.. Tidak harus mewah, kalian bisa mencari penerbangan dan penginapan yang murah yang terpenting adalah refreshing ke tempat baru dan kalian bisa sambil mempelajari kebiasan baik yang dapat ditiru didaerah tersebut atau sambil mencari ide bisnis yang dapat ditiru. Dengan menerapkan money management ini, kalian tidak akan merasa bersalah karena sudah mengalokasikan uang diawal untuk berlibur keluar negeri. Alokasikan sekitar 10% penghasilan kalian untuk berlibur keluar negeri atau keluar daerah. 

Investment 

Untuk awalnya sisihkan sekitar 10% penghasilan kalian untuk investasi sambil belajar, seiring dengan berjalannya waktu naikan prosentasi pos investasi ini ke 20%, 30% atau bahkan ke 50%. Tentu saja semakin besar semakin baik dan cepat dalam mencapai tujuan kalian. 

Untuk bagian investasi ini lebih detailnya silahkan anda baca di postingan yang lain di blog ini mulai dari reksadana, saham, P2P lending dan lain-lain. 

No comments for "Budgeting ala Li Ka-Shing"

Berlangganan via Email