Manfaatkan Uang Lebih Untuk Tabungan Masa Depan, Intip Beberapa Investasi Ala Mahasiswa

Menjadi mahasiswa masih dikatakan sebagai pelajar yang beberapa diantaranya masih bergantung dengan penghasilan orang tua namun tidak sedikit pula yang perkuliahan dengan menggunakan penghasilan sendiri.

Perlu diketahui bahwa tidak seluruh belajar sekolah tingkat tinggi ini berkantong tipis, karena beberapa diantaranya sudah memiliki usaha sendiri atau bahkan merupakan kaum kelas menengah ke atas.

Untuk memanfaatkan uang lebih, beberapa di antaranya mencoba melakukan investasi ala mahasiswa yang dapat membantu menyimpan dana untuk jangka panjang. Alih-alih mendapatkan keyakinan yang bulat, masih banyak untuk investasi yang diragukan oleh banyak orang termasuk oleh mahasiswa.

Alasannya pun bermacam-macam, ada yang memang karena takut mendapatkan rugi, juga karena maraknya penipuan penipuan dengan dalih investasi. rugi atau tidaknya dalam sebuah investasi untuk menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi. Namun untuk menghindari hal tersebut, Anda selaku mahasiswa perlu untuk melakukan analisis lebih jauh lagi untuk terhindar dari investasi yang dapat merugikan atau bahkan sampai investasi yang menipu.

Berikut adalah beberapa bentuk investasi ala mahasiswa yang dapat dilakukan oleh anda yang memiliki dana lebih untuk kesenjangan jangka panjang dan dapat disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing.

Reksa Dana

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi sekaligus belajar serta mengetahui tentang dunia saham, obligasi dan instrumen investasi lainnya, dapat memilih investasi reksadana. investasi dengan cara ini pun dapat dikatakan sangat baik untuk mahasiswa dan para pemula.
investasi reksadana adalah sebuah kegiatan mengelola modal untuk sekumpulan investor yang berinvestasi tanpa harus terikat dengan instrumen-instrumen yang tersedia di pasaran. Cukup dengan membeli unit penyertaannya, maka investasi bentuk Reksadana ini sudah dapat dilakukan. 
Ada yang disebut dengan manajer investasi yang kelak akan membantu untuk mengelola keuangan dari investor. Apa yang menjadikan investasi bentuk ini cocok sebagai investasi ala mahasiswa? Hal ini karena investasi reksadana tidak memerlukan begitu banyak modal.
karena modal yang anda investasikan, akan digabungkan dengan modal yang diinvestasikan oleh investor lain. Kemudian dana pun akan dikelola sehingga dapat memperoleh keuntungan bagi pihak-pihak terkait terutama investor.

Emas

perhiasan bentuk emas mungkin sudah menjadi hal yang umum dilakukan sebagai bentuk investasi. bahkan investasi dalam bentuk emas dapat dilakukan oleh berbagai kalangan salah satunya adalah mahasiswa. Hal ini karena instrumen investasinya yang disebut-sebut memiliki resiko tergerus inflasi dengan rendah.

Mungkin yang menjadi alasan utama emas banyak dipilih sebagai investasi yang cocok untuk pemula dan investasi ala mahasiswa adalah karena emas merupakan bentuk produk investasi yang bersifat liquid dan mudah untuk diperjualbelikan.

Meskipun penjualan emas tergolong lebih cepat apabila dibandingkan dengan saham atau Reksadana namun keuntungan dari investasi yang didapat cenderung lebih kecil yakni hanya 2% hingga 4% saja per tahunnya

Deposito

Selanjutnya adalah investasi dalam bentuk deposito. Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang aman, karena saat ini deposito merupakan salah satu produk simpanan di Bank. sehingga penyimpanan dana nya pun akan dilakukan di bank dengan penyetoran dan penarikan yang dapat dilakukan hanya dalam waktu tertentu saja.

Mungkin investasi ala mahasiswa yang satu ini lebih aman dan menguntungkan, karena instrumen investasinya dapat dicairkan dalam jangka waktu kisaran antara 1 bulan 3 bulan 6 bulan atau 1 tahun sesuai dengan periode yang telah ditetapkan di awal. Suku bunga yang ditawarkan pun terhitung tinggi yakni pada kisaran 5% hingga 8%, namun dengan potongan pajak sebesar 20%.

P2P Lending

Dengan modal ringan P2P lending dapat dilakukan hanya dengan memulai dari dana Rp. 100.000 saja. Investasi yang satu ini menggunakan sistem dimana investor akan bertindak sebagai peminjam modal salah satunya kepada pemilik UKM melalui sebuah platform, dengan mendapatkan sejumlah keuntungan disertai bunga hingga 20% sebagai hasil investasi.

Namun ketiadaan jaminan, membuat Anda harus benar-benar tepat memilih perusahaan untuk melakukan investasi dalam bentuk P2P lending. Itulah beberapa bentuk investasi ala mahasiswa yang dapat Anda pilih dengan cara aman dan tepat. Sebetulnya masih ada beberapa bentuk investasi lainnya yang cukup menjanjikan namun tetap memiliki resiko masing-masing.

No comments for "Manfaatkan Uang Lebih Untuk Tabungan Masa Depan, Intip Beberapa Investasi Ala Mahasiswa"

Berlangganan via Email