Tips Cerdas Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa

Uang merupakan salah satu hal yang paling mempengaruhi kehidupan seseorang. Banyak orang yang beranggapan bahwa segalanya harus dengan uang. Akan tetapi, hal tersebut tidak selalu sama. Hal ini bergantung kepada orang tersebut bagaimana ia mengatur uang.

Mengatur keuangan merupakan hal yang hanya bisa dilakukan oleh sebagian orang. Padahal jika setiap orang pandai dalam mengatur keuangan, maka masalah keuangan bisa diminimalisir. Hal ini juga berlaku bagi para mahasiswa yang mendapat uang bulanan dari orang tuanya maupun pendapatan ia sendiri. 

Mengatur keuangan memang hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Kuncinya ada pada niat dan prinsip orang tersebut. Tak hanya itu, karakter dari mahasiswa itu sendiri juga menjadi salah satu faktor penting. Dibawah ini terdapat tips mengatur uang bulanan mahasiswa yang bisa Anda coba diterapkan. 

Menghitung Kebutuhan Bulanan

Pertama, sebagai mahasiswa Anda bisa menghitung setiap kebutuhan dalam satu bulan. Jika setiap kebutuhan sudah dihitung, maka jumlah uang yang ada juga bisa dikondisikan. Mulailah menghitung kebutuhan pokok seperti makan, uang sewa kos, transportasi dan uang untuk keperluan kuliah.

Setelah itu, hitung keperluan lain-lain seperti pulsa serta uang jajan. Selebihnya, Anda juga bisa membuat anggaran untuk sekedar bermain dan berkumpul bersama teman. Dengan membuat anggaran dalam uang bulanan mahasiswa, keuangan akan lebih terencana dan juga terkontrol. Sehingga, hal tersebut bisa meminimalisir keborosan dalam penggunaan uang. 

Membuat Catatan Keuangan

Setelah membuat anggaran kebutuhan, berikutnya catat setiap kebutuhan Anda. Agar lebih jelas, catat pula setiap pemasukan serta pengeluaran uang beserta tanggalnya. Tujuannya agar Anda bisa menghitung dengan rapih dan jelas setiap uang yang digunakan. Dengan mencatatnya Anda bisa mengontrol uang dan bahkan bisa melaporkannya kepada orang tua Anda.

Bagi yang mendapat uang bulanan mahasiswa dari orang tuanya, hal tersebut akan sangat membantu. Apalagi, jika orang tua Anda termasuk orang yang teliti. Mungkin mereka akan sering menanyakan berapa sisa uang. Walaupun terkesan berlebihan, namun catatan seperti ini sudah terbukti membuat keuangan lebih teratur.

Selain itu, membuat catatan keuangan akan melatih diri menjadi lebih rapih. Siapa yang tahu, mungkin suatu saat Anda menjadi karyawan bidang keuangan atau bahkan menteri keuangan. Hal tersebut bisa membiasakan Anda untuk handal dan bijak dalam mengatur keuangan demi kesejahteraan orang banyak. 

Evaluasi Keuangan

Jika anggaran sudah dibuat dan dicatat, jangan lupa untuk mengevaluasi keuangan Anda pada bulan sebelumnya. Lihat berapa sisa uang yang ada atau bahkan tidak ada sisa sama sekali. Itulah mengapa catatan keuangan sangat diperlukan. Salah satu penggunaannya ialah saat evaluasi keuangan Anda bisa melihat kembali apa saja pengeluarannya.

Uang bulanan mahasiswa memang terkadang tidak terkontrol karena pengeluarannya yang diluar dugaan. Pengeluaran memang menjadi bagian yang sangat berpengaruh dalam keuangan mahasiswa. Karena terkadang ada keperluan kuliah atau keperluan lain yang bisa saja ada pada saat-saat tertentu yang tidak bisa ditentukan. 

Cerdas Dalam Pengeluaran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengeluaran memang menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam keuangan mahasiswa. Untuk mengendalikannya, Anda harus pandai dalam mengatur pengeluaran. Misalnya, Anda bisa membuat pengaturan pengeluaran harian, mingguan hingga bulanan. 

Berdasarkan catatan kebutuhan, Anda bisa memeriksa kebutuhan mana yang wajib didahulukan dan mana yang bisa di tunda. Mengatur pengeluarab memang masih menjadi PR bagi setiap orang walaupun ia sudah bukan mahasiswa lagi. Maka dari itu, hal tersebut perlu dimulai sejak saat masih menjadi mahasiswa.

Dengan melatihnya, maka Anda bisa menjadi lebih bijak dalam pengeluaran uang. Setelah mendapat uang bulanan mahasiswa, terlebih dahulu bayarlah uang kuliah serta biaya sewa kos. Ingat, kedua hal tersebut harus didahulukan. Untuk biaya makan, Anda bisa membeli makanan yang lebih terjangkau namun tetap sehat. 

Demikianlah beberapa tips cerdas dalam mengatur uang bulanan mahasiswa. Banyak keuntungan dan manfaat yang bisa didapat jika mengatur keuangan dengan baik dan benar. Anda juga tidak akan lagi dipusingkan dengan masalah keuangan yang menyita fokus Anda saat sedang kuliah. Jadi, pastikan Anda belajar mengatur keuangan ya. 

No comments for "Tips Cerdas Mengatur Uang Bulanan Mahasiswa"

Berlangganan via Email