Cara Memulai Usaha Bahan Bangunan

toko bangunan
toko bangunan
Memiliki usaha bahan bangunan bisa menjadi peluang usaha di masa kini karena seiring berjalannya waktu, semakin bertambah jumlah manusia di muka bumi ini, maka semakin banyak dibutuhkan tempat tinggal sebagai tempat berlindung dan istirahat.

Maka tak heran jika usaha bahan bangunan ini begitu banyak di negara Indonesia. Selain banyak diburu dan merupakan peluang besar di era modern ini, usaha bangunan juga memiliki daya saing yang ketat. Maka kamu harus pandai-pandai mengelola usaha ini dan juga mengatur strategi terutama di bidang marketing. So, untuk cara memulai usaha toko bangunan, silahkan simak tips berikut.

Menganalisis Modal 

Dalam membuka usaha toko bahan bangunan, tentu harus ada rancangan biaya sebelum membangunnya. Nah! Di antara persiapan modal tersebut maka kamu harus menganalisa berupa harga sewa tempat yang mungkin saja tidak murah. Bukan hanya itu saja guys! Kamu juga harus siap pemasok barang-barang yang diambil dari jauh. Seperti misalnya batu bata, pasir, kerikil, dan bahan-bahan yang diperlukan lainnya.

Nah! Dalam membuka usaha toko bangunan, kamu bisa menggunakan analisis SWOT. Di mana S berarti Strength (Kekuatan). Kamu harus tahu apa yang menjadi kekuatan usahamu. Misal, modal tidak terlalu banyak namun penghasilan mencukupi kebutuhan keluarga.

Weaknes (Kelemahan), jangan lupa untuk menganalisa apa yang menjadi kelemahan bagi usaha bangunan. Hal yang kemungkinan bisa terjadi biasanya adalah para pembeli belum membayar secara lunas barangnya. Maka kamu harus terima risiko dihutangi.

Opportunity (Peluang), kira-kira apa nih yang menjadi peluang bagi usaha bahan bangunan? misal bahan banyak dibutuhkan oleh orang untuk membangun rumah atau bangunan lainnya.
Threat (Ancaman), apa ancaman dalam membuka usaha bangunan? hal ini bisa saja terjadi karena banyaknya orang yang membuka usaha bangunan, maka daya saingnya pun ketat.

Memasang Strategi

Bentuk strategi pemasaran yang digunakan untuk toko bahan bangunan bisa kamu gunakan media sosial seperti facebook. Terlebih dengan adanya fitur marketplace, kamu bisa menyematkan barangmu di sana agar dengan mudah dapat dijumpai oleh orang. Selain itu juga kamu bisa menerapkan harga serta lokasi tokonya ada di mana. Atau strategi pemasaran lainnya kamu bisa memasang baliho di pinggir jalan yang mudah dilintasi kebanyakan orang. 

Lokasi Mudah Dijangkau

Membuat usaha apapun harus bisa memilih lokasi yang strategis. Kenapa? Semakin sering dijumpai oleh orang, semakin mudah barang yang dijual untuk laku. Nah! Saran kami, pilihlah lokasi usaha yang berada di pinggir jalan, namun dengan hatha sewa yang relatif murah ya guys!

Merekrut Karyawan

Dalam memulai usaha di toko bangunan, mengingat barang-barang bangunan yang cukup berat, maka mau tidak mau kamu harus menerapkan perekrutan karyawan. Ini bisa saja kamu rekrut seminim-minimnya satu atau dua orang. Di mana saat satu orang sedang berjaga di toko, orang yang lain bisa mengantarkan pesanan.

Itulah beberapa cara memulai usaha bangunan. Dengan segala niat yang dibangun, tentu saja setiap usaha memiliki risiko sendiri-sendiri. Seperti halnya usaha bangunan ini. Mungkin saja kamu harus mengambil barang dalam jumlah banyak dan juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Dalam hal ini kamu juga diperkenankan untuk memiliki mobil pikap pribadi untuk mengangkut barang-barang bangunan pribadi entah satu atau dua. Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan usaha bangunan ini?

No comments for "Cara Memulai Usaha Bahan Bangunan"

Berlangganan via Email