Tips Memilih Jurusan Kuliah, Nomor 2 Paling Ampuh

Wisudawan ITB
Status pelajar selepas menempuh sekolah menengah atas maupun kejuruan dan berlanjut ke jenjang perkuliahan akan disebut sebagai mahasiswa. Masa dimana seorang siswa akan mengalami banyak petualangan baru. Pada moment tersebut dikenal juga sebagai langkah awal menuju cita-cita. Saat memasuki bangku kuliah, calon mahasiswa akan diharuskan untuk menentukan jurusan. Kira-kira pilihan study yang seperti apakah yang bagus? Simak dulu tips memilih jurusan kuliah yang ampuh berikut ini!

Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Sebenarnya, ada kiat-kiat jitu dalam menekuni satu jurusan untuk menuju ke masa depan. Jadi bukan sekedar pilih-pilih saja, tapi juga diyakini. Berikut adalah hal-hal yang wajib diperhatikan dalam memilih jurusan:

Ketertarikan atau Passion

Mengiyakan jurusan sesuai dengan minat dan ketertarikan membuat diri jadi lebih bersemangat dalam menjalani. Mengingat bahwa di perkuliahan nanti akan ada segudang tugas dan tugas. Jika pilihan study dimulai dari passion diri, tentu semuanya tidak akan memberatkan.

Sebagai contohnya jika mempunyai hobi menulis bisa memilih jurusan jurnalistik. Jangan sampai suka dengan seni gambar namun masuk ke study fisika. Pasti akan tersiksa, bukan? Jangan ya!

Kenali Peluang Kerja Nanti

Tips memilih jurusan kuliah yang kedua ini adalah yang paling ampuh. Tepatnya mengenai keahlian yang diperoleh, manfaat, pekerjaan, penghasilan juga lain-lainnya. Sebab pilihan yang diambil sekarang dapat mempengaruhi gambaran prospek kerja nantinya.

Kemampuan Akademik vs non-Akademik

Tidak jahat jika seseorang harus tahu seberapa jauh mengenai kemampuan akademik dan non-akademik. Kecerdasan dan juga ekonomi rupanya dua hal yang berpengaruh besar dalam menentukan jurusan. Bukan miris tapi ini realistis. Mengambil jurusan dengan tingkat keahlian jauh di atas akademik yang dikuasai maka sama saja menyiksa diri. Sebagai contohnya jika ingin mengambil jurusan matematika, namun kurang teliti dalam hitung menghitung, bisa pilih study lain yang levelnya tidak sesulit jurusan tersebut.

Tak jauh berbeda dengan kemampuan ekonomi. Apalagi setiap jurusan mempunyai jumlah budget yang berbeda-beda. Seperti contohnya untuk masuk ke jurusan kedokteran yang membutuhkan biaya banyak. Jika begitu bisa ambil alternatif lain seperti cari beasiswa. Bila tidak memungkinkan juga dan ingin jurusan di bidang kesehatan, bisa memilih study lain seperti rekam medis, perawat dan lainnya.

Ketika poin tersebut dapat menjadi alasan yang tepat untuk menyakinkan ke orangtua. Sebab bagaimanapun juga, izin dari ayah ibu sangat penting. Meski beda pendapat, asalkan bisa memberikan alasan yang kuat atas pilihan jurusan yang bagus, orangtua pasti bisa menerima.

Hal-hal Sepele yang Mempengaruhi Saat Memilih Jurusan

Bicara mengenai program study di perkuliahan, rupanya banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruh, diantaranya adalah:
  • Mengikuti teman, padahal belum tentu pilihan rekan adalah passion diri
  • Pilihan orangtua yang mau tidak mau harus mau. Ini tentu saja berat, bukan? Untuk menyakinkan pilihan sendiri, pastikan diri mempunyai alasan atas gambaran jurusan yang disetujui
  • Karena suatu jurusan yang tidak diminati, padahal belum tentu study tersebut dapat diikuti dengan baik.

Tersebut adalah bagian hal-hal kecil yang seringkali mempengaruhi pilihan kuliah. Padahal, jurusan kuliah yang ambil nantinya adalah diri sendiri yang akan menerima baik itu pengorbanan maupun manfaatnya. Setiap pilihan  pasti ada konsekuensinya Agar tidak salah langkah, pastikan betul-betul tips memilih jurusan kuliah dapat diperhatikan. Dengan demikian, dari awal sudah mengiyakan pilihan jurusan kuliah yang tepat demi masa depan nanti.

No comments for "Tips Memilih Jurusan Kuliah, Nomor 2 Paling Ampuh"

Berlangganan via Email